Inilah yang Harus Isteri Lakukan Jika Suami Enggan Solat

Posted by: Tags:

Image result for ustaz

Sudah tahu kan bagaimana pentingnya sholat dalam Islam kan? Seseorang mengaku beragama Islam kalau telah mengucapkan 2 kalimat syahadat dan menjalankan sholat wajib lima waktu dalam sehari semalam. Sholat merupakan amalan yang pertama kali di hisab oleh Yang Mahakuasa SWT kelak di yaumil akhir.

hadits-tentang-sholat-amalan-yang-pertama-dihisab

Artinya: “Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari selesai zaman yaitu shalatnya. Apabila shalatnya baik, beliau akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, beliau akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Yang Mahakuasa Tabaroka wa Ta’ala mengatakan, “Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?” Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya menyerupai itu“. (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Abu Daud)

Artinya: “Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) yaitu shalat. Barangsiapa meninggalkannya maka beliau telah kafir“. (HR. Ahmad, Tirmidzi, An Nasa’i dan Ibnu Majah)
Sangat memprihatinkan memang, kalau pasangan (suami atau istri) sebagai partner hidup seagama namun tidak mendirikan sholat. Jika istri yang tidak sholat, suamilah yang memiliki kewajiban untuk mendidik dan membimbing istrinya alasannya yaitu ia yaitu pemimpin dan setiap pemimpin kelak akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat.

Lalu bagaimana kalau hal itu terjadi pada suami? Sedangkan istrinya sangat takut alasannya yaitu suami yang tidak sholat berarti ia telah kafir kalau kembali pada hukum yang berlaku dan wajib bagi seorang wanita untuk menjauh dari suaminya yang meninggalkan shalat dan kembali kepada walinya, hingga suaminya mau bertaubat dan kembali shalat.

Hal menyerupai ini telah ditegaskan dalam surat Al-Mumtahanah ayat 10, Yang Mahakuasa berfirman:

al-mumtahanah-ayat-10

Artinya: “…maka kalau kau telah mengetahui bahwa mereka (benar-benar) beriman maka janganlah kau kembalikan mereka kepada (suami-suami mereka) orang-orang kafir. Mereka tiada halal bagi orang-orang kafir itu dan orang-orang kafir itu tiada halal pula bagi mereka“. (QS. Al-Mumtahanah: 10)

Ada beberapa hal yang harus dilakukan kalau suami tidak mau, malas atau sering melalaikan sholat wajib. Semoga bermanfaat dan bisa membantu 🙂

1. Memberikan NasehatPasti tindakan atau cara ini sudah sahabat lakukan, namun kenyataannya nasehat tak bisa menaklukan hatinya. Yupz suami memang pemegang utama kunci dalam mengarungi rumah tangga, ia yaitu pemimpin atas seisi rumah, istri dan anak-anak. Mungkin alasannya yaitu ia merasa gengsi, nasehat tak lagi dihiraukan. Meskipun nasehat istri tidak lagi sekedar nasehat, bahkan hingga mengalir deras air mata sekalipun setiap kali menasehatinya, dan ia belum juga mau bertaubat. Cobalah dengan cara yang lebih halus.

Seperti, mengajaknya untuk mengimamimu “sholat jamaah yuk, udah lama banget saya pengen jadi makmum“. Atau bahasa rayuan lainnya yang bisa lebih menyentuh hati dan pikirannya.
2. Mengingatkannya Setiap Kali Masuk Waktu SholatJangan pernah lelah dan bosan untuk selalu mengingatkannya ketika waktu sholat akan tiba. Mengajaknya untuk berwudhu sebelum waktu sholat tiba, atau menunda makan hingga selesai sholat, mematikan televisi ketika waktu sholat, menunda bepergian sebelum sholat dan terus ingatkan beliau kalau beliau belum juga sholat.

3. Mengajak Atau Mempertemukannya Dengan Orang-orang SholehUsaha berikutnya, coba deh ajak suami untuk bertemu dengan orang-orang sholeh, baik sobat atau keluargamu yang baik agamanya, Ustadz, Kyai atau guru Agama. Sering-sering membawanya bertemu dengan orang-orang sholeh baik dalam pengajian ataupun perkumpulan yaitu salah satu cara membuatnya sadar bahwa sholat itu amatlah penting.
Imam Ahmad mengatakan: “Setiap orang yang meremehkan perkara shalat, berarti telah meremehkan agama. Seseorang memiliki bab dalam Islam sebanding dengan penjagaannya terhadap shalat lima waktu. Seseorang yang dikatakan semangat dalam Islam yaitu orang yang betul-betul memperhatikan shalat lima waktu. Kenalilah dirimu, wahai hamba Allah. Waspadalah! Janganlah engkau menemui Allah, sedangkan engkau tidak memiliki bab dalam Islam. Kadar Islam dalam hatimu, sesuai dengan kadar shalat dalam hatimu“.

4. Jangan Lupa, Doakanlah Dalam Setiap SujudmuSetelah berusaha memperlihatkan nasehat, memberi buku-buku atau artikel-artikel berkaitan ihwal pentingnya sholat, kedudukan sholat, bagaimana Yang Mahakuasa memperlihatkan azab dan siksaan bagi orang-orang yang meninggalkan sholat, keistimewaan orang yang menjaga sholatnya dan seputar agama lainnya. Jangan lupa doakanlah selalu dalam setiap sujudmu dan sertakanlah ia dalam setiap doamu. Mintalah kepada Yang Mahakuasa biar pintu hati suami terbuka sehingga mudah mendapatkan hidayah dan nasehat ihwal kebaikan.

Sesungguhnya syarat utama diterimanya amal ibadah yaitu alasannya yaitu sholatnya dan amalan yang dilakukan dengan sesuai tuntunan dan nrimo dalam melaksanakannya. Dalam kebaikan istripun bisa menjadi pionirnya, tak selalu harus datang dari suami.

Istri yang banyak cincong dan tak bosan-bosan memberi nasehat pada suami terutama perkara sholat, jangan dianggap remeh. Karena begitu pedulinya istri terhadap suami, alasannya yaitu ia ingin suaminya termasuk dalam bab Islam kelak pada hari kiamat. Semoga tausyiah yang sering dilakukan sahabat dalam rumah tangga menjadi lahan dakwah. Jangan takut belum dewasa tidak berkualitas alasannya yaitu suami yang tidak memperlihatkan pola yang baik, banyak yang memiliki keturunan berkualitas alasannya yaitu ibu yang juga berkualitas.

Jangan pernah bosan untuk memperlihatkan support kepada suami, alasannya yaitu insan pada hakekatnya hanyalah berusaha dan berdoa, maka serahkanlah semuanya pada Yang Maha Kuasa. Mengingatkan terus menerus tanpa mengenal lelah yaitu satu kebajikan yang tentunya tidak akan sia-sia di mata Allah. Semoga segera diberikan hidayah oleh Yang Mahakuasa dan tetaplah bersabar dalam menjemput kebahagiaan. Salam ukhuwah

Sumber : islamidia.com

Gambar sekadar hiasan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below