.:[Close][Klik 2x]:.
INILAH Alasan Mengapa kita dianjurkan berdzikir menggunakan ruas jari tangan – Tolong Sebarkan!!! |

INILAH Alasan Mengapa kita dianjurkan berdzikir menggunakan ruas jari tangan – Tolong Sebarkan!!!

Dzikir merupakan salah satu ibadah utama dalam ajaran

Islam. Umumnya, umat muslim berdzikir dengan menggunakan ruas jari tangan.

Hal ini sesuai dengan usulan Rasulullah SAW. Disebutkan dalam hadits Abu Dawud dan At-Tirmidzi, Rasulullah SAW pernah memberitahukan kepada seorang teman yang ikut hijrah ke Madinah semoga menghitung dzikir dengan menggunakan ruas

jari tangan.
Lalu apa alasan di balik usulan Rasul ini? Anna an-nabiyya amara hunna an-yura�iina bi at-takbiiri wa at-taqdiisi wa at-tahliili, wa an-ya�qidna bil anaamili, fa innahunna mas-uulaatun mustanthiqaatun.

“Nabi memerintahkan kaum wanita semoga selalu membiasakan amalan dengan membaca takbir, taqdis, dan tahlil. Semua itu semoga dihitung dengan ruas jari-jari tangannya. Karena di hari final zaman kelak, ruas-ruas jari tangan tersebut akan dimintai keterangan dan dituntut untuk berbicara.”

Hadits itu diperkuat pula oleh riwayat lainnya dari At-Tarmidzi, Abu Dawud, An-Nasa’i secara sahih dari Abdullah bin Umar.

Abdullah bin Umar berkata, “aku telah melihat Rasulullah SAW menghitung-hitung bacaan tasbihnya. (Rasulullah menghitung bacaan dzikir) dengan jari tangan kanannya”.

Jadi, dzikir menggunakan ruas jari tangan dianjurkan sebab kelak jari-jemari itulah yang akan bersaksi di hadapan Yang Mahakuasa SWT dikala hari kiamat.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below