Wow! Gigi Anda Kuning Kecoklatan? Cara Ini Terbukti Ampuh Bikin Gigi Putih Bersih… Hanya Butuh Beberapa Menit!!

Gigi putih bersih tentu merupakan episode dari penampilan yang menawan. Akan tetapi, karena salah dalam mengatur contoh makan, malas gosok gigi, atau kesalahan dalam teknik menggosok gigi, sebagian di antara kita terkadang memiliki gigi yang kurang menarik. Dalam problem contoh makan misalnya, terlalu banyak kopi, teh, gula-gula atau permen, makanan dengan kadar tanin yang tinggi, atau merokok, membuat gigi kita berubah warna menjadi kusam dan jauh dari memesona. Perilaku malas menggosok gigi juga membuat semakin parah.

Selain alasannya yaitu ekstrinstik ibarat tersebut di atas, ada juga perubahan gigi yang disebabkan karena faktor intrinstik, misalnya genetik, sistemik, sistem metabolisme, dan pemakaian obat-obatan tertentu misal antibiotika.

Melakukan pemutihan dengan banyak sekali zat pemutih merupakan solusi instan yang banyak diambil. Akan tetapi, berdasarkan penelitian Riani dkk (2015) dari Fakultas Kedoteran Universitas Andalas, sebagaimana dipublikasikan di jurnal.fk.unand.ac.id (Vol. 4/No. 2/2015) , ternyata pemakaian zat pemutih pada gigi terbukti sangat signifikan dalam menurunkan kadar kekerasan permukaan email gigi, karena adanya demineralisasi. Ini tentu justru membahayakan. Apa gunanya gigi putih kalau tak kuat?

Tempo.co (24/6/2016) juga menurunkan gosip perihal efek samping pemakaian pemutih gigi yang perlu dipahami masyarakat, di antaranya gigi menjadi sensitif dan iritasi pada jaringan lunak, yaitu gusi yang seringkali menjadi nanah dan kadang berdarah. Hal tersebut disebabkan karena zat yang terdapat pada pemutih gigi, di antaranya peroksida hidrogen dan peroksida karbamid.

Lalu, bagaimana memutihkan gigi yang tidak menyebabkan efek samping berbahaya? Ada beberapa cara alami yang mampu digunakan.

1. Gunakan buah stroberi. Meski tanin pada zat makanan mampu menyebabkan gigi menjadi cokelat, tanin yang terkandung pada stroberi justru memberi khasiat sebaliknya. Menurut Margaretha dkk (2009), tanin atau asam elagat yang terkandung pada stroberi, mampu menyebabkan reaksi oksidasi yang membuat gigi menjadi lebih terang. Terlebih, pada stroberi juga terkandung banyak vitamin C yang mampu membersihkan gigi dari plak. Stroberi mampu dipakai untuk menghaluskan gigi dengan cara dijuz dan diminum, atau dihaluskan dan ditempelkan ke gigi sekitar 5-10 menit sebelum sikat gigi. Lakukan dengan rutin.

2. Buat tomat terbukti mengandung zat-zat aktif yang mampu memutihkan gigi. Penelitian Septiva Asih (2009) dari Universitas Diponegoro sebagaimana dipublikasikan di http://eprints.undip.ac.id (retrieved 6/8/2017) membuktikan, bahwa sumbangan juz tomat secara signifikan mampu menyebabkan perubahan warna gigi menjadi lebih terang.

3. Buah Nanas juga terbukti mengandung zat aktif yang mampu memutihkan gigi. Berdasarkan hasil penelitian Kalyana et al (2010) yang dipublikasikan dalam International Journal Dental Hygiene (2010; 9(3): 229-233), menyebutkan bahwa enzim bromelain yang terkandung dalam buah nanas dapat membantu memutihkan gigi, khususnya untuk gigi yang berubah warna karena faktor ekstrinstik.

Beberapa cara tersebut terbukti alami dan efektif mengubah warna gigi menjadi lebih terperinci dan bersih. Tentu saja harus dibarengi dengan gosok gigi yang teratur dengan teknik yang tepat, dan mengurangi konsumsi makanan yang berpotensi menyebabkan perubahan warna. Selamat mencoba! Wow! Gigi Anda Kuning Kecoklatan? Cara Ini Terbukti Ampuh Bikin Gigi Putih Bersih… Hanya Butuh Beberapa Menit!!

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below