SELALU SENANG DAN MUDAH ITU TIDAK BAIK

Saturday, August 12th 2017. | Uncategorized

SELALU SENANG DAN MUDAH ITU TIDAK BAIK BUAT KESEHATAN

Umumnya orang merenung dan mengambil pelajaran hidup dari pengalaman kesalahan, pengalaman kegagalan, pengalaman kesulitan atau pengalaman penderitaan.

Sangat jarang orang merenung, berpikir dan belajar hidup dari kondisi senang, mudah dan lancar. Secara psikologis, kesenangan dan kemudahan itu tidak akan mendorong orang berpikir. Berpikir itu dari kesalahan, kegagalan, kekurangan, kesulitan dan penderitaan yang memicu dan mendorongnya untuk berpikir, berjuang dan berusaha maksimal mengatasi masalah-masalah hidupnya.

Jadi, bila kita merasa sebagai orang yang sudah senang, mapan, rezeki selalu mudah bahkan melimpah, jarang merasa kekurangan, urusan selalu mudah dan lancar, jangan harap otak dan pikiran akan termanfaatkan secara maksimal, jangan harap akan banyak mendapat pelajaran-pelajaran hidup yang berharga dan mahal.

Orang senang, mapan apalagi makmur umumnya jarang merenung dan introspeksi. Merasa hidup sudah senang dan tak ada kesulitan buat apa melakukan suatu “kemewahan” bernama merenung dan berpikir apalagi berpikir keras? Tinggal menikmati kesenangan dan kemudahan hidupnya saja.

Inikah makanya Rasulullah SAW berdo’a kepada Allah agar digolongkan kepada orang-orang kecil dan miskin? Do’a Nabi tentu tidak sembarangan, ada filosofinya, ada pesannya yang ingin disampaikan kepada umatnya. Dalam kekurangan, kesulitan dan penderitaan itulah Nabi selalu berpikir maksimal, pikirannya selalu bekerja keras dan beliau maksimal sebagai manusia, tidak manja merasa sebagai Nabi kekasih Allah lalu segalanya menjadi selalu mudah dan lancar. Tidak. Do’a Nabi itu dikabul. Hidup kekurangan adalah kesehariannya dan beliau sering mengganjal perutnya karena menahan lapar yang perih. itu seorang kekasih Allah. Subhanallaah

Lalu kita sebagai manusia biasa dan hidup lebih banyak memikirkan diri sendiri, lalu sering berdo’anya agar selalu dilancarkan rezeki dan dimudahkan segala urusan. Dimana rasa malunya itu ya?

Artikel lain SELALU SENANG DAN MUDAH ITU TIDAK BAIK