SAHABAT SEJATI

Saturday, August 12th 2017. | Uncategorized

 

SAHABAT SEJATI

Sahabat sejati itu bukanlah sahabat yang selalu mengerti, selalu memuji, selalu mendukung keinginan kita. Sahabat begitu biasanya justru mencelakakan. Sahabat sejati adalah adalah sahabat yang tak rela kita berbuat kesalahan, mau menegur saat salah dan saling mengingatkan dalam kesabaran dan kebenaran.

Kung Hu Tsu pernah mengatakan :

“Sahabat-sahabat yes-men (yang selalu meng-iya-kan) adalah musuh-musuh yang berbahaya. Sahabat sejati adalah mereka yang mau menegur dan menunjukkan kesalahan-kesalahan kita.”

Dalam hidup, milikilah seorang saja sahabat seperti itu, maka hidup akan terasa nikmat, indah dan bermakna!! Sahabat beginilah yang dimaksud oleh ungkapan: “Satu orang sahabat lebih bermakna dari seribu orang saudara.” Sahabat begini adalah persahabatan yang hatinya disatukan Allah: ” … fa-allafa baina qulubikum fa ashbahtum bini’matihi ikhwaana” ( … maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara …) (QS 3: 103).

Sahabat begini ada. Carilah orang yang mau menegur dan mengingatkan kesalahan-kesalahan kita, bukan yang selalu bermuka manis, selalu memuji dan selalu mendukung!! Salam

Artikel lain SAHABAT SEJATI