MANFAAT MENULIS

Saturday, August 12th 2017. | Uncategorized

MANFAAT MENULIS

Menulis itu menuangkan isi kepala ke dalam tulisan. Isi kepala itu isinya bisa ide, gagasan, ilham, keresahan, obsesi, temuan pikiran, cita-cita, perasaan, penghayatan, perenungan dll. Menulis untuk apa? Untuk dibaca orang lain dalam rangka berbagi untuk manfaat kehidupan.

Menulis yang terbaik adalah yang tujuannya berbagi manfaat ilmu dan kesadaran agar orang lain tersadarkan dan berubah untuk hidup lebih baik. Bentuknya bisa karya fiksi atau sastra, formal akademik, refleksi, kritik, masukan, komik, kata mutiara dll.

Jadi menulis itu apa saja, tak perlu dibatasi, yang penting bermanfaat dibaca orang. Ketika isi kepala digoreskan “melalui pena,” itulah tulisan dan kita sudah menulis.

Dunia akademik mempersempitnya hanya berupa tugas, makalah, karya ilmiah, skripsi, tesis, disertasi dan jurnal yang belum tentu dibaca orang. Kalau tidak menulis karya ilmiah dianggapnya tidak menulis atau bukan penulis.

Ini degradasi dan reduksi. Menulis status di Facebook pun itu sudah karya tulis. Jadi, jangan dipersulit, dibikin rumit dan diformalkan.

Menulis adalah hak semua orang. Memformalkannya itu hanya ribetisasi cara berpikir.

Artikel lain MANFAAT MENULIS